Acquaintances

Dua tahun lebih kami menulis tentang film lewat Distopiana, ada satu hal penting yang kami sadari telah kami abaikan sejak awal. Kami sangat kurang bersahabat dengan para film blogger hebat lain di dunia maya. Kami terlalu self-centered, padahal banyak di luar sana banyak film blogger yang menarik, bahkan sering kami jadikan bahan inspirasi dan renungan untuk menulis. Di sini, kami akan memberikan rekomendasi film blogger lain yang blognya wajib kalian kunjungi. Pokoknya wajib.

  1. PicturePlay (pictureplayblog.wordpress.com).
    Pembahasannya komprehensif. Punya kosasinema yang masif. Praktisi film marketing di Indonesia. Artikelnya panjang-panjang tapi sangat kaya dengan wawasan tentang industri film. Twitternya bisa ditemukan di @Picture_Play.
  2. Dony Iswara (rekomendeath.blogspot.com)
    Pencetus hashtag fenomenal #rekomendeath. Berisi ulasan singkat film-film yang jarang kalian dengar namun sangat menarik untuk ditonton. Spesialis film-film no-lifer.
  3. Luthfi Prasetya (review-luthfi.blogspot.com)
    Teman lama penulis (Tommy-red.) yang sering menjadi rekan bertukar DVD bajakan pada saat SMA dulu. Reviewnya ringan, asik, namun tetap padat oleh isi.
  4. Amel Puteri (marrythefiction.wordpress.com)
    (sepertinya) Pelajar dari Jogja. Ryan Gosling & Jake Gyllenhaal enthusiast. Punya referensi film yang keren, namun referensi musiknya jauh lebih keren.
  5. Icha Chairunnisa (cacatanichahairunnisa.blogspot.co.id)
    Kalo review film suka curhat colongan. Tapi reviewnya asik dan merakyat.
  6. Daniel Irawan (danieldokter.wordpress.com)
    Seorang dokter, tinggal di Medan, movie enthusiast yang kredibilitas review dan kritik filmnya sudah tidak dapat diragukan.
  7. Yohan Arie (movsic.us)
    Review filmnya asik-asik. Detail dengan palet warna dan peramuan suara dalam mengulas film.
  8. Erlita Putranti (itcaughtmyeyes.com)
    Most of her reviews are written in English. However, the contents are still worth reading. Sees film in a unique way. Proud feminist.
  9. M. Nugroho (tonightsread.wordpress.com)
    Singkat kata, kami memiliki sedikit kesamaan tentang bagaimana kami memandang sebuah film untuk kami ulas.
  10. Satanic Nebula (jesuismager.wordpress.com)
    Nggak cuma ngulas film, tapi juga novel. Punya pilihan diksi yang tidak hanya segar dan berjiwa muda, namun juga mewakili emosi film dan novel yang diulas.
  11. Maudy Puteri (http://cinemaudy.blogspot.co.id/)
    Mengulas film dengan wawasan dan kepekaan yang mumpuni terhadap kondisi sosial masyarakat, terutama yang menyangkut persoalan perempuan.
  12. Paskalis Damar (http://sinekdoks.com)
    Menyajikan ulasan dengan dua bahasa: Indonesia dan Inggris. Berprofesi sebagai PR. Salah satu film blogger yang paling rajin update dengan ulasan yang tetap informatif.

Baru segitu dari kami. Akan segera kami perbaharui daftarnya jika menemukan blog-blog film lain yang nggak kalah kerennya.