Introduction to Distopiana

“Yaelah, nonton film melulu sih lo. Nggak ada manfaatnya tau!”

Kami percaya bahwa pernyataan itu tidak benar.  Seburuk apapun sebuah film dibuat, ia pasti menyimpan realita yang nyata tentang apa yang terjadi pada dunia kita, khususnya di tempat di mana film itu berlatar. Mengapa demikian? Karena sang pembuat cerita adalah manusia, dan meskipun cerita itu hanya manifestasi dari imajinasinya, namun itu terbangun dari sebuah kisah nyata yang dialaminya sendiri sepanjang hidupnya. Seperti yang dikatakan oleh (alm) Roger Ebert.

“Art is the closest we can come to understanding how a stranger really feels.”

Ada dua unsur yang saling mempengaruhi satu sama lain di dalam sebuah cerita, yaitu ruang dan tokoh. Sebuah cerita akan berfungsi dengan baik apabila setiap pemeran saling berinteraksi dan saling mempengaruhi tidak hanya pada satu sama lain namun juga pada ruang yang mereka huni.  Bila mengacu pada pernyataan sebelumnya tentang keberadaan fakta dalam fiksi, maka kami percaya bahwa film tidak hanya merupakan jendela dunia, namun juga jendela kehidupan manusia dan alam sekitarnya.

Kami percaya bahwa banyak teman-teman di luar sana yang juga percaya dengan hal ini. Didorong dengan keinginan yang kuat untuk berbagi pendapat serta rekomendasi, kami membangun Distopiana sebagai wadah untuk para teman-teman penikmat film saling berdiskusi satu sama lain serta mengutarakan opininya tentang relasi film terhadap hal-hal tertentu sesuai dengan kapasitas masing-masing.

Biarpun masih dalam tahap pembangunan, namun kami tetap berusaha untuk konsisten dengan tujuan kami. Bergabunglah dan berdiskusi bersama kami tentang film-film yang telah kalian tonton. Kami akan sangat senang dengan partisipasi kalian.

2 thoughts on “Introduction to Distopiana”

  1. I don’t know you remeber me, Tommy. But yeah, we see each other a couple times. I was shocked and amazed at the same time how you love the movies. Back then in PU, I was well known as a man with thousand movies, I watch any kind of movies. But you, maaann… you’re next level!!
    Love your website bro, I hope I can write another review and collaborate with you guys. Just give me a heads up!

    btw, I knew u from Ramzy 2010.

    1. Ini Bang Edo PR 2009 bukan sih? Haha gila masih inget lah, cuma gue lupa dulu kita ketemunya gimana. Apa kabar Bang? Btw emailnya received yak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *